Kamis, 02 Desember 2010

Setting DNS server pada Linux Open Suse 11.1

DNS Server adalah Server yang berfungsi menangani translasi penamaan host -host kedalam ip address, begitu juga sebaliknya dalam menangani translate dari IP Address ke hostname. Setelah pinginstalan OS Linux Suse 11.1 selesai, maka lakukan konfigurasi ip atau setting ip eth0 dan eth1 dengan ketik 
vi etc/sysconfig/network/ifcfg-etho

dan vi /etc/sysconfig/network/ifcfg-eth1

setelah mensetting jangan lupa di save dengan perintah esc:wq, atau konfigurasi dengan menggunakan yast juga bisa, kemudian restart network dengan perintah rcnetwork restart  atau /etc/init.d/network restart.

Sebelum penyetingan DNS server anda harus melakukan instalasi packet BIND terlebih dahulu yang ada pada system operasi linux, sebab tanpa paket bind ini DNS server anda tidak akan berjalan sesuai dengan fungsinya,Adapun langkah-langkah dalam membuat sebuah DNS sederhana pada distro OpenSUSE 11.1 yakni sebagai berikut:

1.    Pertama, install paket bind, dapat melalui Yast, maupun dengan perintah yast -i bind
2.    Kemudian masuk ke directory named untuk mempermudah konfigurasi DNS dengan perintah:
        cd /var lib/named
3.    Buatlah zone forward ( dengan format hampir sama dengan localhost ) dan zone reverse ( dengan format  hampir sama dengan 0.0.127.in-addr.arpa ). Zone forward adalah zone yang digunakan untuk merubah angka menjadi bentuk kata / karakter, sedangkan zone reverse berfungsi untuk merubah kata/karakter menjadi angka.Copy file localhost.zone untuk zona forward dan reverse.
Zona forward ( cp localhost.zone gandhy ),zona revese ( cp 127.0.0.1.zone 192.168.12.1 ).
4.    Edit named.conf untuk menambahkan list zona yang sudah di buat tadi
      dengan perintah vi /etc/named.conf dan tambahkan # di depan  include “/etc/named.conf.include”;
     ( sehingga warnanya menjadi biru ) dan jangan lupa save dengan perintah esc:wq,sebagai contoh,              perhatikan gambar berikut :
5. edit file gandhy ( vi gandhy ) jika selesai save dengan perintah esc:wq seperti pada gambar
6. edit file 192.168.12.1 ( vi 192.168.12.1 ) jika selesai save dengan perintah esc:wq seperti pada gambar
7. edit resolv dengan perintah vi /etc/resolv.conf
8.kemudian restart named dengan perintah rcnamed restart dan lihat apakahDNS server-nya sudah jadi dengan perintah nslookup.
9.Lakukan pengecekan pada client dengan ping ip dan domain,serta lakukan  nslookup juga DNS ( name system ) yang telah dibuat dengan perintah nslookup, lalu tekan enter.jika berhasil maka tampilan seperti pada gambar berikut:
file pdf download disini

1 komentar:

 
Copyright 2009 Gandhy's blog. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan